Minggu, 26 Juli 2009

MUSIK DIGITAL


MIDI ( Musical Instrument Digital Interface )
Dengan hadirnya technology midi telah banyak membantu mempermudah para musician dalam mengerjakan music-nya. Berikut ini adalah catatan singkat sejarah perkembangan music khususnya technology midi.
Beruntung kita dilahirkan di jaman dimana technology music sudah berkembang begitu pesat. bayangkan saja, pada jaman nenek moyang kita, untuk memainkan sebuah organ saja, selain tangan memencet keyboard, kaki kita harus menahan pegal menggenjot pompa injak agar menghasilkan angin untuk meniupkan nada.

Sejarah MIDI mungkin diawali Tahun 1870,Electromechanical Piano Electromechanical Piano di ciptakan oleh Hipps,seorang director sebuah perusahaan telegraph dari Swiss.
Tahun 1906,Thadeus Ca hill menemukan Tell harmonium, sebuah music instrument yang sound-ya dihasilkan lewat sebuah dynamo.

Tahun 1920,pertama kali di ciptakan Alat musik berbasiskan tabung hampa(tube vacuum )oleh Leon Theremin yang berasal dari Russia.
Tahun 1930,Hammond Organ diciptakan pertama kali oleh Laurent Hammond,sejak pertama di perkenalkan, langsung mendapatkan sambutan yang luar biasa. Mulai th. 1935 music instrument ini diproduksi massal(mass product).Cara kerja instrument ini berdasarkan 91 kipas generator electro magnetic, sehingga menghasilkan sound yang khas.

Dasar-dasar Digital Recording MIDI yang berkembang hingga saat ini, adalah mengambil dari concept cara kerja instruments Vocoder,yang diciptakan oleh Homer Dudley berasal dari America Tahun1940.

Dan pada tahun 1952 ditemukan Synthesizer oleh Harry Olson dan Belar dari RCA Studio America Serikat.Cara kerjanya seperti computer yang berdasarkan kode biner (binary code ).Ini merupakan awal kearah MIDI,musik digital.

Tahun 1960 | Moog
Adalah Prof. Robert Moog yang telah menciptakan instrument ini, dan berhasil sukses dalam penjualannya. Principe kerja Moog Synthesizer ini berdasarkan component transistor secara manual. Moog ini menjadi cikal bakal terlahirnya keyboard-keyboard dan synthesizer-synthesizer modern.

Tahun 1963 | melotron
Memasuki awal th. 60-an, cara kerja instrument electric mulai banyak yang bergeser dengan memanfaatkan IC ( Integrated Circuit) dan Melotron adalah salah satu yang berhasil mengembangkanya. Cara kerja nya, IC ( Integrated Circuit) sebagai perekam ( recorder )sound atau di sebut dengan technique sampling sebagai sound generator-nya. Tehnik ini akhirnya diadopsi oleh synthesizer-synthesizer modern generasiberikutnya.

Tahun 1970 | Keyboard and Synthesizer
Mulai pada tahun ini Japan menguasai pasar music dunia dengan merk-merk andalan seperti Roland, Kawai, Korg, Yamaha. Yang di tonjolkan oleh product-product ini adalah simple dan gampang di operasikan.

Tahun 1971 | Electone
Produsen instrimen Yamaha membuat Elect one ( Electronic Tone ). Di buat dengan concept One Player Hand. Secara physic instruments ini mirip seperti Organ, namun di lengkapi dengan fitur Sound Banks, rhythm section, dimana irama atau beat-beat tertentu sudah ter-program secara built-in.

Tahun 1980 | Portasound
Yamaha kembali membuat kejutan dengan merilis Porta sound seri PSR 10. Alat ini bentuknya lebih sederhana dibandingkan dengan Electone,namun memiliki fitur-fitur layaknya synthesizer professional. Pada era ini pengguna Keyboard Synthesizer mulai bergeser pada instrument jenis ini.

Tahun 1982 | MIDI
Pada Tahun ini di temukannya MIDI ( Musical Instrument Digital Interface ) atau Bahasa antar instruments.Pada awalnya para produsen memiliki standard pem-program-an sendiri-sendiri, sehingga masih ada kendala apabila ingin menghubungkan dua instrument musik dari produsen yang berbeda. Pada tahun berikutnya beberapa perusahaan seperti Korg, Roland, Sequential, Yamaha, Kawai, Oberheim, bersepakat untuk membuat standard MIDI, agar setiap instrument dapat di hubungkan secara MIDI dan masing-masing dapat memahami instruction-nya.Lalu standard ini di ikuti sebagian besar produsen instruments music di seluruh dunia.

Tahun 1983 | DX7
Synthesizer DX7 buatan Yamaha adalah yang mengawali suksesnya dalam menerapkan standard midi disertai fitur yang memungkinkan sebuah Synthesizer dapat di hubungkan dengan PC ( Personal Computer ). Karena keunggulanya, pada masa ini synthesizer DX7 banyak digunakan musician-musician dunia seperti Duran duran, A-ha, dsb. Pada era ini pula sebagian besar musician sedang di landa demam MIDI, kalo nggak midi nggak modern. Musician yang ikut andil dalam berkembangnya MIDI di Indonesia adalah Fariz RM, Aminoto kosin, dsb.

Ingin tahu bagaimana cara membuat musik dengan MIDI ? Download tutorial Cakewalk Overture (GRATIS KOK) ...klik "disini".
Download contoh-contoh lagu dengan format MIDI klik "disini"(juga gratis)
atau bisa juga "disini"

2 komentar:

  1. bos kok alamatnya link ga jalan

    BalasHapus
  2. Bos coba liat link gw

    http://yopieriyo.wordpress.com/tutorial/

    BalasHapus